Latihan Apa Dulu?
Yang penting kamu ketahui adalah zona pembakaran lemak yaitu 70% dari denyut nadi maksimal kamu. Cara menghitungnya seperti ini: Max HR : 220 - Umur Fat Burning zone = Max HR x 70% Jadi jika kamu berusia 30 tahun, Maka : Max HR : 220 - 30 = 190 Training zone > 70% , Jadi 190 x 70% = minimal 133 beat permenitnya Nah untuk latihan yang pertama kali harus dilakukan adalah membentuk aerobic foundation. Latihan fase ini ibarat memperbesar baterai badan kamu sebelum ditambah dengan komponen latihan lain. Kalau baterai nya aja ga cukup, gimana bisa latihan model lain. Untuk model latihannya mulai dengan latihan endurance dulu, lanjut dengan latihan beban, sambil diselingi dengan latihan kelenturan. Bingung? Tenang kita breakdown alat dan latihannyaEndurance (Daya Tahan) Dulu
Berikut alat untuk latihan endurance yang bisa kamu pakai di gym :- Treadmill
- Static Bike
- Air bike
- Ergometer Rowing Machine
- Elliptical trainer atau cross-trainer
Dilanjutkan Dengan Latihan Strength (Kekuatan)
Nah kalau sudah beres dengan endurance boleh ditambah dengan latihan kekuatan. Latihan kekuatan ini bisa membantumu untuk menambah massa otot. Seseorang dengan massa otot yang baik maka metabolisme di tubuhnya juga lebih cepat yang akan mempercepat mengecilnya perut. Latihannya bisa gunakan alat sebagai berikut:Upper Body :
- Lat Pulldown
- Triceps Pressdown
- Biceps Curl
- Bench Press / Chest Press
- Seated Row
- Butterfly Machine
Lower Body :
- Leg Extension
- Leg Curl
- Leg Squat
- Leg Press
- Hip abduction/adduction
